Selamat datang di CHAP-Global Media Articles

Rabu, 28 November 2012

Robot Fiktif yang Kini Nyata


Teknologi yang semakin canggih terus dibuat untuk menutupi keterbatasan menusia dalam melakukan sesuatu. Keterbatasan waktu bahkan keterbatasan fisik membuat teknologi pembantu terus dikembangkan. Salah satu teknologi yang dapat dijadikan harapan untuk menyelesaikan masalah ini adalah teknologi robot. Banyaknya robot yang mulai diciptakan dan dikembangkan untuk berbagai kepentingan, menyebabkan mungkin saja robot memang akan menjadi pembantu canggih di masa yang akan datang. 

Teknologi robot dikembangkan bukan hanya untuk orang-orang yang memiliki fisik lengkap, bagi para penyendang cacat pun dikembangkan berbagai robot untuk membantu kehidupan sehari-hari. Berikut adalah berbagai robot terbaru yang telah diciptakan: 


Robot kursi roda yang bisa menaiki tangga, diciptakan di Chiba Institute of Technology di Jepang. Robot ini dibuat untuk memudahkan orang dengan kursi roda agar mudah menaiki tangga. Hal ini disebabkan tidak semua tempat umum menyediakan fasilitas jalan khusus untuk penguna kursi roda, oleh karena itu dengan adanya robot ini diharapkan akan mempermudah hal tersebut. 



AndyVision, robot pengecek stok barang di toko pakaian. Robot ini dibuat oleh MIT Technology untuk mempermudah pengecekan barang di toko pakaian. Robot ini juga meminimalisir pencurian baju karena pengecekan dilakukan berulang kali. 



Robot tangan yang dikendalikan pikiran, merupakan robot yang dirancang khusus untuk orang yang mengalami kelumpuhan atau memang terlahir dengan tidak memiliki tangan. Peneliti dari Braingate ini menciptakan robot tangan yang dapat dikontrol dengan menggunakan pikiran manusia. Sehingga pengambilan barang akan menjadi lebih mudah kan? 

iRobot Roomba 790, robot pembersih rumah yang bisa dikendalikan dari jarak jauh. Robot jenis ini diciptakan oleh Department Robotic Massachusetts Institute of Technology yang berfungsi untuk melakukan bersih-bersih dirumah anda. Sebuah touchpad control membuat robot ini dapat diatur kapan dia akan “bekerja”. Praktis bukan memiliki robot jenis ini? 

Sekian lah robot-robot terbaru yang telah berhasil diciptakan. Anda ingin memilikinya? Segera tabung uang anda dari sekarang karena harga robot-robot ini memang tidak murah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar