Selamat datang di CHAP-Global Media Articles

Jumat, 11 Januari 2013

KPU Kantongi Tiga Nama Calon Sekjen Baru

KPU Kantongi Tiga Nama Calon Sekjen Baru
KPU Kantongi Tiga Nama Calon Sekjen Baru

Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) akhirnya mengantongi tiga nama calon sekretaris jenderal (sekjen) untuk diserahkan kepada Presiden guna dipilih satu terbaik dari tiga kandidat itu. 

"Tiga nama itu belum disampaikan kepada Presiden, tapi kami sudah buat suratnya," kata Komisioner KPU Hadar Nafis Gumay di Kantor KPU Pusat Jakarta, Jumat. 

KPU juga telah melakukan konsultasi kepada Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi dan menghargai tanggapan Mendagri atas hasil seleksi tim penilai terkait kandidat sekjen tersebut. 

Mendagri mempercayakan proses seleksi sekjen KPU kepada tim seleksi dan para komisioner, sehingga tahap konsultasi kepada Mendagri berjalan lancar.

Dari tiga kandidat calon sekjen tersebut, Hadar mengatakan bahwa mereka memiliki kelebihan masing-masing sesuai dengan kriteria yang diharapkan oleh para komisioner. 

Ketiganya memiliki kekuatan masing-masing di bidang manajerial dan perencanaan, kemampuan pengadaan barang dan jasa, serta kemampuan mengelola sistem informasi teknologi dan komunikasi. 

"Terus terang, sayangnya kekuatan ini dimiliki masing-masing kandidat. Tapi kalau nanti kami mendapat salah satu dari tiga itu, dia dapat memperbaiki keadaan (kesetjenan) sekarang," kata hadar. 

Para kandidat sekjen tersebut juga memahami posisi sekjen yang diharapkan dapat bekerja sama dengan para komisioner dalam menjalankan proses pelaksanaan pemilihan umum. 

Hadar berharap KPU mendapatkan sekjen yang memiliki semangat untuk memperbaiki struktural kesetjenan KPU dan menopang kerja para komisioner secara profesional. 

"Yang terpenting adalah sekjen tersebut nantinya harus membuat kesekretariatan siap menunjang dan bekerja secara profesional. Dan mereka semua punya semangat untuk itu," katanya. 

Meskipun masih enggan menyebutkan nama-nama kandidat sekjen KPU yang baru, Hadar memberikan petunjuk bahwa ketiga calon sekjen tersebut berlatar belakang sebagai pegawai negeri sipil dari Mahkamah Konstitusi (MK), Kementerian Perumahan Rakyat dan Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP). 

Sebelumnya, sembilan calon sekjen KPU telah menjalani sejumlah tes dan ujian dari tim seleksi. 

Kesembilan calon itu berasal dari berbagai instansi pemerintahan, yaitu Sekretariat Negara, sekretaris daerah (sekda), Kementerian Dalam Negeri (Kemdagri), mantan sekda, pemerintah daerah, Kementerian Perumahan Rakyat, Mahkamah Konstitusi, Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional (Bappenas), dan dosen dari Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar.
 
Source: id.berita.yahoo.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar